Selamat Datang

Silahkan bertanya, silahkan berkomentar, silahkan berpendapat, silahkan mencari tahu apa yang berguna buat anda, karena ini adalah tentang SDM.. tentang anda dan saya... Personally!!

Senin, 14 Maret 2011

SIMKP (Sistem Manajemen Kinerja Pegawai)

SIMKP diperkenalkan pada tahun 2009, diperkenalkan di Bandung yang diprakarsai oleh P3B Jawa Bali. SIMKP adalah Tools yang diciptakan untuk memperbaiki sistem unjuk kinerja pegawai dengan mengadoptasi sistem On Line yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja karena menggunakan koneksi internet. Sistem ini merubah dari proses manual yang biasa dilakukan tidak tepat waktu, menjadi proses dengan waktu yang mengikat sehingga mau tidak mau harus merencanakan sasaran kerja di awal periode semesteran yang akan dinilai di akhir semester. berikut adalah siklus yang ada pada SIMKP:


  • Siklus Perencanaan
Siklus Perencanaan adalah Siklus awal yang mana peserta SIMKP merencakan apa yang akan dilakukan diri sendiri terhadap Key Performance Indikator (KPI) atau ditargetkan oleh atasan  KPI yang akan dilimpahkan kepada peserta SIMKP yang terdiri dari Job Role (sasaran kerja Individu), Pembelajaran, CMC (coaching, mentoring, counseling), dan Program pengembagan diri lainnya seperti Inovasi dan Knowledge Sharing.
  • Siklus Revisi
Siklus ini mengakomodasi untuk melakukan revisi-revisi jika pada siklus perencanaan, biasanya siklus ini dipergunakan ketika ada revisi target KPI atau perbaikan kontrak kinerja, sehingga target-target yang sebelumnya harus disingkronkan kepada target yang baru.
  • Siklus Input hasil kinerja
Siklus ini biasanya dimulai ketika masa akhir semester tiba, fungsi siklus ini adalah untuk memasukkan pencapaian-pencapaian kinerja yang peserta masukkan pada saat perencanaan. Hasil input akan diperiksa atasan untuk di cek kebenarannya sebelum menilainya.
  • Siklus Penilaian
Siklus ini berada di akhir semester setelah input hasil kinerja, pada siklus ini terdapat dua penilaian yaitu penilaian kompetensi individu dengan kuisioner multisumber dan penilaian pencapaian kinerja dengan justifikasi langsung dari atasan yang bersangkutan. kuisioner multi sumber adalah penilaian secara 360 derajat untuk mengukur kompetesi yang kita miliki, kuisioner diacak oleh sistem kepada orang-orang yang sudah peserta pilih sebelumnya, dari 10 orang yang peserta pilih akan diambil acak 5 orang oleh sistem yang akan menilai peserta yang bersangkutan.

Data-data tersebut oleh SIMKP diproses dan akan dikirimkan hasilnya via email dan administrator SIMKP di wilayah tersebut. 

(deskripsi ini dituangkan dalam pendapat pribadi, jika salah mohon dimaafkan) 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar